Cari dan Temukan Diri Anda (4) - Inspirasi Kehidupan

 


Cari dan Temukan Diri Anda (4) - Inspirasi Kehidupan

Bertindaklah sesuai dengan kepribadian Anda. Turutlah nasihat baik yang diberikan oleh Irving Berlin kepada almarhum George Gershwin. Ketika Berlin berkenalan dengan Gershwin, Berlin sudah menjadi komponis terkenal sedang Gershwin masih hijau. Sebagai komponis muda yang masih belum banyak dikenal orang, Gershwin bekerja di Tin P. Alley dengan gaji 35 dolar seminggu.

Berlin terkesan oleh kemampuan Gershwin. Ia menawarkan pekerjaan kepada Gershwin sebagai sekretaris musiknya dengan gaji tiga kali lipat dari gajinya yang sekarang. “Tawaran pekerjaan ini sebaiknya jangan kauterima,” kata Berlin.

Selanjutnya ia memberikan nasihat kepada Gershwin sebagai berikut “Kalau, pekerjaan itu kau ambil, mungkin nanti kau akan menjadi Berlin kelas dua. Tetapi kalau kau tetap berusaha menjadi diri sendiri, pada suatu saa: kau akan menjadi Gershwin kelas satu.”

Gershwin menuruti nasihat tersebut dan lambat laun berkembang menjadi komponis Amerika yang masyhur, harum namanya dan besar sekali jasanya bagi generasinya Charlie Chaplin, Will Rogers Mary Margaret McBride, Gene Autry dan jutaan manusia lain juga mengalami pelajaran yang saya ulas dalam bab ini. Mereka juga harus menarik pelajaran dari pengalaman pahit seperti yang saya alami.

Ketika Charlie Chaplin pertama kali bermain film, sutradaranya memaksanya meniru pelawak Jerman yang populer saat itu. Tapi Charlie Chaplin tidak pernah bisa berhasil. Ia baru berhasil setelah bergaya sewajarnya sesuai gayanya sendiri. Bob Hope juga mendapat pengalaman yang sama. Bertahun-tahun ia membuang waktu untuk meniru orang lain menyanyi dan menari. Tapi tidak ada hasilnya.

la baru berhasil meraih kariernya setelah bertindak wajar Menjadi Bobe Hope sendiri sesuai kemampuan serta sifat-sifat lain Yang dimilikinya. Will Rogers juga mengalami hal yang sama. Bertahun-tahun ia bermain komidi kuda dengan mengayunkan cemetinya tanpa kata-kata sedikit pun. Namun, tidak pernah berhasil. Baru setelah ia memanfaatkan bakat humornya yang unik ia mulai bisa bermain komidi sambil berbicara seraya mengayunkan cemetinya.

Ketika Mary Margaret McBride pertama kali mengudara, ia mencoba meniru pelawak Irlandia, tapi gagal. Kemudian ia berbuat secara wajar berbuat apa adanya sebagai gadis daerah Missouri. Akhirnya ia berhasil menjadi penyiar radio yang sukses. Salah satu bintang radio di New York vang paling populer.

Ketika Gene Autry tidak mau mengakui dirinya sebagai orang Texas dan berpakaian seperti anak kota serta mengatakan bahwa dirinya berasal dari New York orang-orang hanya tertawa tapi di belakangnya mereka mengejek dan mencemoohkannya. Tetapi begitu ia bersikap wajar yakni memetik banyak sambil menyanyikan lagu-lagu koboi ia lantas dikagumi orang. Ia berhasil meraih kariernya sebagai aktor koboi terkenal di dunia baik di layar perak maupun di radio.

Anda adalah suatu wujud baru di dunia ini. Jadi, hendaknya Anda bergembira. Pergunakan dan manfaatkan sebaik-baiknya segala sesuatu yang Anda miliki. Segala sesuatu yang Anda bawa sejak lahir. Dalam analisis terakhir dikatakan bahwa semua seni adalah dirinya sendiri. Anda hanya dapat menyanyi sesuai bakat kemampuan Anda. Anda hanya dapat melukis sesuai dengan kemampuan dan keterampilan Anda.

Anda harus menjadi orang seperti yang diciptakan atau dibentuk oleh pengalaman-pengalaman, lingkungan, dan sifat keturunan Anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik atau lebih buruk, semuanya tergantung bagaimana Anda mengolah dan memelihara kebun Anda. Untuk bisa lebih baik atau lebih buruk, itu tergantung bagaimana Anda memainkan biola kecil Anda dalam konser kehidupan di dunia ini.

Dalam esainya yang berjudul “Self-Reliance”, Emerson berkata, “Akan tiba saatnya bagi setiap manusia bahwa dalam pengalaman hidupnya ia akan memperoleh keyakinan dan menjadi sadar bahwa iri hati itu suatu kebodohan; meniru orang lain itu membunuh diri sendiri; bahwa ia dapat membuat dirinya lebih baik atau lebih jelek sesuai kemampuannya; bahwa walaupun alam semesta yang luas ini penuh kebaikan, subur, dan kaya raya, tidak ada bibit gandum yang bisa tumbuh dan berkembang baik di ladangnya bila tanah ladang yang diberikan kepada orang itu tidak diolah serta digarap sendiri.

Tenaga yang ada dalam dirinya adalah tenaga baru. Tak ada orang yang mengetahuinya kecuali dirinya sendiri. Tak ada orang yang dapat memanfaatkannya kecuali dirinya sendiri. Tetapi, orang itu tidak akan bisa memanfaatkannya bila ia tidak berkeyakinan dan tidak mau berusaha memanfaatkannya.” Itu kata Emerson. Tapi penyair Douglas Malloch mengungkapkannya seperti ini:

Bila Anda tidak bisa menjadi pohon cemara di atas bukit.

Jadilah belukar di lembah-tapi berharaplah menjadi belukar indah di pinggir parit;

Jadilah perdu, bila Anda tak bisa menjadi pohon.

Bila Anda tidak bisa menjadi perdu, jadilah rumput, Dan buatlah jalan-jalan jadi semarak;

Bila Anda tidak bisa menjadi gurami, jadilah teri

Tapi teri yang paling indah di tambak!

Tak semua kita bisa menjadi komandan harus ada yang menjadi pasukan, Semua ada kepentingannya masing-masing

Ada pekerjaan besar ada pekerjaan kecil, semua harus dilakukan,

Dan tugas yang harus kita kerjakan adalah yang terdekat dengan kita.

Bila Anda tidak bisa menjadi jalan besar jadilah pematang

Bila Anda tidak bisa menjadi matahari jadilah bintang

Bukan besarnya yang mengukur Anda kalah atau menang.

Yang penting jadilah wajar dan matang!

Untuk melatih dan memupuk sikap mental sehingga kita bisa hidup damai, jauh dari kesedihan.

Pakailah Petunjuk :

Janganlah meniru atau menjiplak orang lain. Carilah diri Anda sendiri dan bertindaklah sewajarnya, sesuai dengan kepribadian Anda.

Artikel Sebelumnya :

“Cari dan Temukan Diri Anda”

“Cari dan Temukan Diri Anda (2)”

“Cari dan Temukan Diri Anda (3)”

Share this on WhatsApp